09 Oktober 2008

DIY SATA case @ mirror.itb.ac.id

Ini pengalaman paling gila yang pernah saya alami, bikin SATA drive server sampe 8 terabyte, mun

gkin pada ngetawain, karena banyak orang bikin server udah sampe ratusan terabyte (lha ini baru 8 tera aja udah bangga). thats ok :)
tapi ini rakitan saya sendiri, dengan susah payah bikin casing yang bisa muat sampe 32 hardisk (meskipun cuman cukup untuk 30 hdd)

setelah casingnya jadi, 30 hardisk pun dimasukin, repot memang karena casing ini nggak pake drivebay kayak di iklan iklan (maklum susah banget bikin drivebay nya)

Setelah semua hardisk terpasang, tinggal masangin busbar (baca: kabel power), kabel power ini juga dibuat custom supaya enak masangnya.


setelah kabel power terpasang kita siapin otaknya, MoBo dengan brand Supermicro ini lumayan jago, dengan semua perlengkapannya, yang harus diingat adalah “jangan pergunakan casing murahan untuk PC yang powerfull” karena anda akan merusak karya anda sendiri. kalo nggak punya duit untuk beli cassing yang keren (baca;bagus, kokoh, handal, artistik) mendingan bikin dari bekas casing lama, karena casing lama lebih kokoh daripada casing ‘kaleng kerupuk’ hanya saja casing lama punya bentuk yang cupu, be creative bikin casing yang keren. Kalo mau saya juga bisa bantu (promosi diri)
MoBo dan segala pernak perniknya inilah ‘jeroan’ mirror.itb.ac.id

whoooo,… banyak banget tentakel-nya, tentakel- tentakel itu nyolok ke 4 buah SATA card dengan interfaces PCI-X dalam setiap sata card memegang masing masing 8 SATA drive. mereknya masih Supermicro.

naah inilah ke-32 tentakel itu (baca: SATA cable) sebelum dipasang, kasih nomor dulu di setiap tentakel. supaya pas masang nggak bingung. setelah MoBo nya kepasang, sekarang kita naikkin ‘power supply ke atas cassing MoBo, power supply yang dipake sama ’siMonster’ ini semuanya ada 4 buah, pararel setiap 15 hdd pake 1 PSU sebesar 600W enLight, (sssst ternyata itu belum cukup) satu di cassing (untuk MoBo) dan satu lagi khusus untuk fan, extreme-nya dia pake 8 buah super fan 15000rpm (kira-kira) dipasang khusus di casing hdd yang memakan arus listrik 1 amper setiap fan nya, makanya pake 1 PSU juga.

Setelah semuanya dinaikan, baru kita pasang tentakel dan power source-nya, dan,… here we go,….
test, test, satu, dua, tiga,….

Tadaaaaaaa,…. inilah mirror.itb.ac.id atau ftp.itb.ac.id, dengan suara jet nya, suara khas dari dalam NOC, aneh memang, dengan keadaan yang berantakan ini mirror itb pun jadi.

it’s me and ‘The Monster’ ftp.itb.ac.id / mirror.itb.ac.id
alhamdulillah,…


 <span >diambil dari:</span><a href="http://danibilabibah.blogspot.com/"><img src="http://feeds.feedburner.com/Danibilabibah.1.gif" /></a>

WARNING !!!
Silahkan kalau mau kopi-paste, tapi mohon pengertiannya untuk mencantumkan sumbernya. Silahkan kopi artikel beserta kode diatas untuk menyertakan link banner ke blog ini. Terimakasih

0 comments:

Poskan Komentar

~*~ Maaf, Untuk ngejaga supaya tetep aman komentar anda sebelumnya akan di moderasi dulu, so nggak akan langsung muncul, haturnuhun kangge perhatosannana,...