04 Juli 2011

Pengalamanku: Bermain & Belajar di Vila Bandrek Cihanjuang

Kebetulan sedang musimnya liburan anakku kepengen liburan juga, kebetulan ada salahsatu saudaraku yang ngajak main dan menginap (berkemah) divila bandrek Cihanjuang, berarti kali ke dua saya menginjakkan kaki di vila bandrek ini. Meski lokasi yang harus ditempuh tidak mudah terutama untuk keluarga, keluarga ku tetap semangat untuk dapat sampai ke vila itu. Pasti pembaca bertanya-tanya sebenarnya ada apa sih di vila itu?

Vila Bandrek Cihanjuang adalah sebuah vila milik Bpk. Eddy Permadi, yang juga pemilik CV.CIT/Cintek, vila merupakan daerah percontohan pembangkit listrik MikroHidro, pembangkit listrik tenaga air dengan skala kecil. Kebetulan ketika kami kesana, saya melihat ada sebuah pembangkit baru yang sedang mereka kembangkan. Kereeeen!!! dengan peralatan sederhana alat ini bisa membangkitkan listrik kira kira 1000W (karena sy lihat mereka menggunakan inverter mobil 1000W).

Prinsip kerja PLTMH yang baru
Berbeda dengan prinsip kerja turbin air pada umumnya atau PLTMH yang dikembangkan Cintek sebelumnya yang menggunakan tenaga tarik/sedot dari air jatuh, pembangkit kecil ini menggunakan tenaga dorongan dari air jatuh, air yang mengalir deras dari atas bukit dialirkan melalui pipa berukuran sekitar 3 inci dan dibagi 2 pipa, 2 pipa ini kemudian masuk kedalam propeller untuk memutarkan alternator mobil. Daya yang dibangkitkan oleh alternator mobil ini kemudian ditampung oleh beberapa accu mobil, dan kemudian dinaikkan tegangannya melelui sebuah inverter mobil berkekuatan 1000W. Cara yang sangat sederhana tapi sangat mengagumkan.

Supplai listrik yang dibangkitkan oleh alternator ini sanggup mensupplai listrik yang dibutuhkan oleh Vila Bandrek. Menurut penuturan penjaga vila, listrik yang dihasilkan oleh alternator yang masih dalam percobaan ini masih diuji ke beban yang kecil dulu, kebutuhan penerangan vila dan penerangan jalan menuju vila yang jaraknya sekitar 2-3 km dari jalan raya. Very impressive!!!

Berikut foto foto yang bisa saya jepret:











Saya sangat salut sama pemilik tempat tersebut, mudah mudahan karyanya bisa berkembang dan dapat memajukan masyarakat dan rakyat Indonesia. pelajaran yang saya kutip dari perjalanan tersebut adalah: Sesuatu karya yang besar dapat ditempuh dengan karya yang kecil-kecil, yang penting karya tersebut dapat bermanfaat bagi orang lain dan hasil pemikiran serta jerih payah tanganmu sendiri.




video

0 comments:

Posting Komentar

~*~ Maaf, Untuk ngejaga supaya tetep aman komentar anda sebelumnya akan di moderasi dulu, so nggak akan langsung muncul, haturnuhun kangge perhatosannana,...